Pengalaman Menderita Kanker Nasofaring  

Posted in

Pada pertengahaan tahun 2001 saya merasa ada gangguan di pernapasan (seperti sesak napas), tetapi jantung normal dan aktivitas olah raga seperti biasa. Hampir setiap minggu waktu itu saya ikut Hash (jalan sehat di pegunungan Tretes/Trawas) dan sering jogging. Nafsu makan juga normal dan bagus.
Berhubung gejala yang lain tambah parah (pendengaran berkurang, susah nelan, ngorok tambah keras) maka saya berkonsultasi ke dokter THT Spesialis. Untuk menemukan penyebabnya saya sudah kunjungi 5 dokter THT dalam 2 tahun (2 diantaranya profesor di Surabaya) dan tidak ada satu pun dokter yang menemukan penyebab penyakit yang saya alami.
Awal tahun 2003 saya berkesempatan periksa ke THT Singapore. Alangkah kagetnya setelah di-endoskopi, saya dinyatakan kena kanker nasofaring (nasopharyngeal cancer -NPC), ditemukan tumor di antara hidung dan tenggorok, dimana lokasinya juga disebutkan sebagai nasopharyng. Setelah melalui semua procedure (endoskopi, periksa darah, CT-scan, dll) saya dikomfirmasikan kena NPC stadium 4A. Kesempatan penyembuhan hanya 50% .
Terima nasib dan kenyataan yang ada, saya harus menjalankan pengobatan kemo dan radiasi dimulai pada April 2003. Waktu penderitaan selama pengobatan kurang lebih 2 bulan. Penderitaan sudah dijalanin dengan susah payah, di hari2 radiasi terakhir saya hampir putus asa. Setelah menjalanin pengobatan dan pemulihan selama 3 bulan, saya dinyatakan tumornya telah hilang dan bersih dari lokasinya dan sampai sekarang tetap dimonitor setiap 6 bulan.
PENDERITAAN SETELAH DIKEMO (CHEMOTHERAPY) :
1. Mual , tidak ada nafsu makan. Kalo mau sembuh, kita harus paksa makan yang bergizi, karena tubuh kita perlu energy untuk menumbuhkan daya tahan dan membuat sel2 baru!
2. Semua tulang sakit dan lemas, tidak kuat untuk bangun, apalagi jalan.
3. Rambut rontok. Tidak masalah untuk laki2, tetapi trauma untuk perempuan.
4. Kesulitan buang air besar.
PENDERITAAN SELAMA DAN SETELAH RADIOTHERAPY:
1. Kulit leher bisa terbakar. Perlu kasih krim yang dianjurkan dokter.
2. Leher kering. Tidak bisa telan, jangankan makan, minum pun tidak bisa.
3. Gigi akan rusak dan akan rontok satu per satu, karena produksi ludahnya sudah terganggu.
4. Gondokan. Terjadi kepada saya juga , tetapi tidak lama, terus kembali normal.
SARAN2 SAYA PRIBADI SETELAH KENA MUSIBAH INI:
Kepada yang belum kena NPC:
1. Hindarkan makanan yang diasinkan maupun rasa asin (ikan asin, taocho, telor asin, sayur asin, makanan kalengan, dll).
2. Routine periksa dianjurkan, khususnya kalo ada keturuan Chinese/Kantonis, karena dihubungkan dengan pola kebudayaan makan suku tertentu. Mayoritas yang kena NPC di Singapore adalah suku tersebut di atas. Menurut statistic penderita kanker di Singapore, NPC terletak di urutan No. 5.
3. Jika anda merasa symptom2 seperti sesak napas, hidung berdarah, pendengaran berkurang dan ngorok tambah parah, cepat2 ke dokter THT dan minta di-endoskopi.
.
Kepada yang mau jalani kemo/radiasi karena kena NPC:
1. Periksa atau tanya dulu tentang kualitas mesin radiasi di rumah sakit. Sinar radiasi itu sangat ganas, kalo salah posisi pada penyinaran bisa organ lain yang kena sasaran (mata bisa buta …)
2. Obat kemo memang mahal, makanya dokter yang terpercaya sangat penting.
3. Semua supplemen, vitamin, atau apapun yang bisa menambah daya tahan tubuh boleh dicoba. Setelah pengobatan tubuh kita perlu energy baru. Badan saya kehilangan 15 kg dalam 1.5 bulan.
4. DAN KEPERCAYAAN DIRI UNTUK SEMBUH.
5. LAST ! DON’T FORGET PRAY TO THE GOD EVERY MINUTE / HOUR/ DAY! Setelah kejadian ini saya jadi anak Tuhan dan dibaptiskan.
Joseph E. F. Pau
efpau@yahoo.com

This entry was posted at 04.56 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

1 komentar

Coba brobat ke dr yusuf.
Banyak yang sudah tr bantu oleh beliau dan sembuh melalui obat dan Saran beliau,tr masuk saya ALHAMDULILLAH sudah sembuh, selama rutin brobat dng beliau ya...
Tapi semua itu Atas ijin allah swt...
Kalau mau mencoba brobat dng beliau Ini no Hp nya dan wa beliau 0853-6167-5232

27 Februari 2019 pukul 05.58

Posting Komentar